Selasa, Oktober 27, 2020
More
    Beranda Uncategorized KAP Big Four

    KAP Big Four

        KAP merupakan singkatan dari Kantor Akuntan Publik, mungkin ini agak jarang didengar oleh masyarakat umum, tapi bagi orang yang bersentuhan dengan akuntansi atau keuangan, pasti sudah familiar dengan kata KAP ini. Pada saat ini terdapat 4 KAP Terbesar yang dikenal dengan nama KAP Big Four. 

    KAP Big Four
    KAP Big Four
    Apa itu KAP?     

         KAP merupakan singkatan dari Kantor Akuntan Publik, mungkin ini agak jarang didengar oleh masyarakat umum, tapi bagi orang yang bersentuhan dengan akuntansi atau keuangan, pasti sudah familiar dengan kata KAP ini. Pada saat ini terdapat 4 KAP Terbesar yang dikenal dengan nama KAP Big Four. 

         Kantor akuntan publik merupakan sebuah badan usaha yang menjadi tempat bagi para akuntan publik untuk memberikan berbagai jasanya. Seperti, jasa audit laporan keuangan, jasa kompilasi, jasa review dan sebagainya.

    Apa itu Akuntan Publik?

        Akuntan publik sendiri adalah sebuah profesi yang memberikan jasa akuntan secara profesiona, independen namun sesuai dengan kode etik profesionalisme dan telah mendapat izin negara dalam melaksanakan praktiknya.

        KAP memiliki berbagai jasa, yang dikelompokkan menjadi dua kelompok besar yaitu, jasa Assurance dan jasa non Assurance

        Jasa assurance merupakan jasa profesional independen yang meningkatkan kualitas informasi bagi para pengambil keputusan. Jasa assurance dapat dilakukan oleh akuntan publik atau oleh berbagai profesional lainnya. Didalam jasa assurance terdapat jasa atestasi, jasa non atestasi dan jasa atestasi lainnya.

    Jasa atestasi, terdiri dari jasa audit atas laporan keuangan, Pemeriksaan LK, Pemeriksaan atas LK proforma, review LK dan jasa audit

    Jasa non Assurance merupakan jasa lainnya yang dilakukan oleh KAP, misalnya konsultasi manajemen, pajak, dll.

    KAP dalam memberikan jasa audit atas laporan keuangan hanya boleh melakukan paling lama enam tahun buku berturut-turut

    Sejarah The Big Four

     Pada awalnya, terdapat 8 KAP bersar yang berada di dunia internasional yang dikenal dengan nama BIG 8. Tepatnya pada tahun 1979, delapan kantor akuntan tersebut adalah :

    1. Arthur Andersen
    2. Arthur Young & Company
    3. Coopers & Lybrand
    4. Ernst & Whinney
    5. Deloitte, Haskins and Sells (Gabungan Haskins & Sells dengan satu perusahaan di eropa)
    6. KPMG (terbentuk karena bergabungnya Peat Marwick International dan KMG Group)
    7. Price Waterhouse
    8. Touche Ross

    Kejadian Merger pada Berbagai KAP

         Lalu ditahun 1989 Ernst & Whinney memilih begabung dengan KAP Arthur Young, yang akhirnya membentuk nama baru yaitu Ernst & Young.

       Selanjutnya pada agustus 1989, Deloitte, Haskins & Sells juga melakukan penggabungan (merger) dengan Touche Ross yang memiliki nama yaitu Deloitte & Touche.

        Setelah Kejadian merger yang dilakukan beberapa Kantor Akuntan Publik diatas, Maka KAP yang awalnya BIG 8 menjadi BIG 6

         Kemudian pada tahun 1998 Kantor Akuntan Price Water house melakukan merger (penggabungan usaha) dengan Coopers & Lybrand dengan nama baru yaitu Price Waterhouse Coopers. Dengan pertambahan merger ini, pada tahun 1998 jumlah KAP Besar international tinggal 5 KAP yang disebutg BIG 5 , 5 Kantor  Akuntan Publik tersebut, ialah :

    1. Arthur Andersen
    2. PricewaterhouseCoopers
    3. Deloitte Touche Tohmatsu
    4. Ernst & Young
    5. KPMG

        Beberapa tahun berselang, tepatnya di 2001, terjadi suatu peristiwa yang menggemparkan dunia akuntansi yaitu skandal enron. Dimana dalam skandal ini, Kantor akuntan Arthur Andersen didakwa karena menghancurkan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pengauditan, Kantor akuntan Arthur Andersen dianggap menutupi kerugian jutaan dolar dan terbukti melawan hukum. Karena kejadian ini Bisnis Arthur Andersen mengalami kebangkrutan yang bersifat global dan mendunia, mempengaruhi semua kantor-kantor partner diseluruh dunia yang berada dibawah Arthur Andersen, Seluruh kantor-kantor partner tersebut dijual dan    sebagian besar bergabung menjadi kantor akuntan internasional lainnya.

        Setelah kasus enron diatas, Jumlah kantor akuntan publik internasional yang awalnya berjumlah 5, tersisa hanya 4, yang disebut BIG 4 dan dikenal hingga saat ini.

         The Big Four ini merupakan 4 Firma jasa akuntansi internasional yang terbesar dan melayani mayoritas pekerjaan audit untuk berbagai perusahaan di seluruh dunia.

    Berikut data The Big Four (KAP) terbaru:

    1. Deloitte Touche Tohmatsu

        KAP yang berasal dari Inggris ini memiliki penghasilannya yang sangat besar. Pada 2018, Pendapatan atau keuntungan Deloitte mencapai US$43,2 miliar, meningkat 11,3%. Nilai yang fantastis inilah yang membuat Deloitte Touche Tohmatsu Limited termasuk sebagai anggota The Big Four, dan menjadi yang terbesar saat ini.

        KAP Deloitte Touche Tohmatsu Limited berdiri dari tahun 1845, di londong, Inggris. Dengan saat ini, KAP Deloitte telah memiliki kurang lebih 286.200 Karyawan di berbagai dunia, Lebih dari 150 negara. Di indonesia, Deloitte berlokasi di Plaza indonesia

    2. PwC (PricewaterhouseCoopers)

        PwC (PricewaterhouseCoopers) berdiri pada tahun 1998 di london, inggris, dan sampai sekarang, London masih menjadi kantor pusat dari PwC

        PwC (PricewaterhouseCoopers) merupakan KAP terbesar kedua diantara 4 KAP Big Four, dengan total Penghasilannya (jika digabung seluruh dunia) mencapai US$41,3 miliar ditahun 2018. Dimana Penghasilan tersebut mengalamin kenaikan 7% dari penghasilan sebelumnya ditahun 2017

        PwC (PricewaterhouseCoopers) telah memilki kurang lebih 250.930 karyawan yang tersebar di sekitar 148 negara, termasuk indonesia, PwC (PricewaterhouseCoopers) melakukan kerjasama dengan berbagai KAP di indonesia seperti Tanudireja, Wibisana, dan Rintis & Rekan.

    3. Ernst & Young (EY)

        Ernst & Young (EY) sama seperti sebagian besar KAP Big Four lainnya yang merupakan hasil penggabungan (merger) dari sejumlah KAP, seperti yang telah diceritakan pada sejarah The Big Four KAP diatas.

        Ernst & Young (EY) yang lahir pada tahun 1989, yaitu pada saat terjadi merger antara KAP Ernst & Whinney dengan Arthur Young. Ernst & Young (EY) berasal dari inggris, ditahun 2018 KAP ini memilki pendapatan sebesar US$34,8 miliar. Pendapatan tersebut meningkat 7,4% dari tahun sebelumnya yaitu 2017.

        Ernst & Young (EY), memilki kantor diindonesia yang terletak didalam gedung Indonesia Stock Exchange di Sudirman, Ernst & Young (EY) menjalin kerjasama dengan beberapa KAP, yaitu: Purwantono, Suherman dan Surja. Kliennya diantaranya, BRI, Krakatau Steel, Indofood, dan PT. Telekomunikasi Indonesia.

    4. KPMG

        KPMG berbeda dengan tiga KAP terbesar lainnya yang berasal dari inggris, karena KPMG merupakan KAP yang berasal dari Belanda. KPMG termasuk kedalam empat kantor akuntan Publik terbesar atau the big four. Dengan Pendapatan sebesar US$28,96 miliar pada tahun 2018 yang mengalami pertumbuhan sebesar 7,1% dari tahun sebelumnya, yaitu 2017.

        Sama seperti kebanyakan The Big Four KAP lainnya, KPMG adalah hasil merger KAP Peat Marwick Internasional dengan Klynveld Main Goerdeler pada tahun 1987. Di indonesia sendiri, KPMG memiliki kantor di Gedung Wisma GKBI, sudirman

        Gimana 4 KAP Big Fournya, Menarik banget kan, Bisa menjadi referensi kalian untuk mencari kerja ni, Menjadi Kantor idaman kalian.

    Namun, akan penulis tambahan beberapa KAP ya, sedikit aja, hehe
    Di posisi ke-5 terdapat KAP BDO, yang memiliki pusat di belgia,
    Di posisi ke-6 ada Grant Thornton .

       Itulah tadi pembahasan mengenai The Big Four, Empat KAP terbesar Dunia, Semoga Bermanfaat!

    Berita sebelumyaAkuntansi Agen dan Cabang
    Berita berikutnyaKonsinyasi

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisment -

    Most Popular

    Download File

          Silahkan pilih mata kuliah dibawah. Semoga semua file dan bahan pembelajarannya bermanfaat!

    Akses Forum

          Silahkan pilih mata kuliah dibawah. Semoga semua diskusi dan tanya jawab dalam forumnya bermanfaat!

    Akses Soal

          Silahkan pilih mata kuliah dibawah. Semoga semua soal kuis/latihan dan jawabannya. Bermanfaat!

    Akses Materi

          Silahkan pilih mata kuliah dibawah. Semoga semua materinya Bermanfaat! Kategori Mata Kuliahyang...

    Recent Comments