Rabu, Oktober 28, 2020
More
    Beranda Blog Tanda PC atau laptop terinfeksi spyware

    Tanda PC atau laptop terinfeksi spyware

            Spyware merupakan suatu kejahatan digital yang perlu anda antisipasi. Kejahatan ini memberikan banyak kerugian pada korbannya. Kerugian tersebut misalnya kecurian data, terbatasnya ruang privasi, hingga kejahatan kriminal. Maka dari itu anda perlu mengenali tanda tanda dari spyware tersebut. Karena spyware bisa saja menyusup lewat laptop dan pc yang anda pegang saat ini. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang tanda pc atau laptop terinfeksi spyware.

    1. Baterai laptop boros

    Tanda PC atau laptop terinfeksi spyware
    Baterai laptop boros

                   Cara yang paling mudah untuk dilihat adalah dengan memperhatikan skala baterai. Saat terjadi proses spyware maka tiba tiba baterai kita jadi semakin boros. Padahal sebelumnya baterai kita awet awet saja. Bahkan baterai yang boros ini terjadi walaupun kita tidak melakukan apa apa. Hal ini dikarenakan sebuah program spyware yang tidak diketahui akan beroperasi di laptop anda. Program spyware tersebut menggunakan kemampuan dari prosesor utama dari laptop dan memakan tenaga baterai anda. Virus spyware ini aktif dan bekerja tanpa sepengetahuan dari pemilik laptop tersebut sehingga patut diwaspadai. Apabila anda menghadapi gejala baterai yang tiba tiba drop anda harus hati hati.

    2. Program sering bermasalah dan crash

    Tanda terinfeksi spyware
    Program sering bermasalah dan crash

              Indikasi lain yanh bisa anda curigai akan spyware adalah program yang sering crash. Padahal biasanya program ini berjalan lancar seperti biasanya. Namun seiring masuknya spyware program tersebut jadi sering memiliki masalah. Hal ini dikarenakan terdapat cara baru yang dilakukan oleh peretas untuk melakukan pencurian data. Para peretas ini biasanya memasukkan kode kode ke dalam program komputer lalu mengambil informasi yang diperlukannya. Hal ini tentu saja sangat mempengaruhi program komputer anda. Program operasi yang terkena spyware biasanya akan berjalan lebih lambat, crash bahkan error. Untuk itu sebaiknya anda tidak perlu untuk menyimpan data data finansial atau data privasi lain di dalam aplikasi.

    3. Webcam tiba-tiba nyala dan merekam

     laptop terinfeksi spyware

               Selanjutnya anda harus mewaspadai apabila laptop atau PC kamu tiba tiba aktif. Karena saat ini para penjahat siber bisa saja memanfaatkan data berupa foto, video ataupun suara anda. Mereka menyadap kamera digital di PC untuk memata matai anda. Kalau sudah begini maka privasi anda terbongkar begitu saja, anda benar benar harus mewaspadai yang satu ini. Cara untuk mengantisipasi ini adalah dengan menutup kamera laptop atau PC dengan lakban ketika sudah tidak digunakan. Selain mengantisipasi dari penjahat spyware juga bisa menjaga kamera agar terhindar dari debu. Selain itu anda juga harus sering mengganti sandi di PC anda.

    4. Tiba-tiba muncul banyak iklan di layar

            Selanjutnya anda perlu memperhatikan apabila tiba-tiba banyak iklan yanh bermunculan di layar anda. Iklan tersebut memang perlu dicurigai, apalagi saat anda tidak sengaja mengekliknya. Karena iklan tersebut bisa saja mampu menginfeksi pc anda dengan memunculkan banner, popup Plug-in yang sangat mengganggu. Hal ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para peretas untuk mendapatkan data kita.

    5. Laman utama browser berubah

            Langkah berikutnya yang bisa anda perhatikan adalah ketika anda membuka browser. Ketika anda membuka browser maka tampilan utamanya berubah maka bisa jadi anda terkena spyware. Perbedaan yang ditonjolkan memang tidak terlalu signifikan, maka dari itu anda perlu memperhatikan ulang secara lebih teliti agar bisa mengetahui perbedaannya. Selain Tampilannya yang berbeda, Anda juga perlu mencurigai apabila ketika membuka browser, mengarahkan anda pada situs web yanh aneh.

    Tanda PC atau laptop terinfeksi spyware, Semoga Bermanfaat!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisment -

    Most Popular

    Download File

          Silahkan pilih mata kuliah dibawah. Semoga semua file dan bahan pembelajarannya bermanfaat!

    Akses Forum

          Silahkan pilih mata kuliah dibawah. Semoga semua diskusi dan tanya jawab dalam forumnya bermanfaat!

    Akses Soal

          Silahkan pilih mata kuliah dibawah. Semoga semua soal kuis/latihan dan jawabannya. Bermanfaat!

    Akses Materi

          Silahkan pilih mata kuliah dibawah. Semoga semua materinya Bermanfaat! Kategori Mata Kuliahyang...

    Recent Comments