Cara Aktifkan ESIM di iphone Terbaru

          Bermain internet merupakan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan oleh para generasi saat ini. Untuk bisa tersambung ke Internet kita membutuhkan jaringan baik lewat kartu seluler ataupun lewat Wifi. Namun dengan teknologi terbaru kita tidak membutuhkan kedua media tersebut. Yang kita butuhkan hanyalah eSIM. Lantas seperti apakah eSIM itu? Dan bagaimana cara aktifkan ESIM di iPhone?

Berbagai Ukuran sim card
Berbagai Ukuran sim card

ESIM

      Sebuah teknologi terbarukan ini sudah cukup populer digunakan di berbagai negara. Total ada 14 pengguna eSIM di dunia terhitung dari artikel ini ditulis. Di dalamnya termasuk China, Hong Kong, dan negara kita ini. Untuk di Indonesia sendiri provider yang baru mengembangkan eSIM adalah Smartfren.

     Elektronik sim ini adalah sebuah inovasi dibidang teknologi yang menghadirkan kartu SIM secara digital. Dimana kartu SIM ini membuat para penggunanya bisa menyalahkan paket internet melalui operator jaringan telekomunikasi. Namun pada eSIM ini anda tidak memerlukan nano-SIM seperti layaknya kartu seluler konvensional. Kalau di China sendiri provider yang mendukung layanan ini baru pihak Unicom.

Cara aktifkan esim di iphone
Cara aktifkan esim di iphone

        Teknologi eSIM ini ternyata bisa anda Terapkan pada perangkat Apple. Salah satunya adalah perangkat wearablenya yaitu Apple Watch Series 3. Dimana jam pintar Apple Watch ini anda tidak perlu repot membawa ponsel. Tercatat, pihak Apple memang sudah mengadopsi layanan ini untuk produknya. Namun ternyata layanan ini bisa kita nikmati tidak hanya untuk pengguna Apple. Untuk pihak Samsung, yaitu Samsung Gear S3 dan juga Samsung Gear S2 juga sudah terpasang layanan eSIM. Untuk iPhone sendiri yang bisa menikmati layanan eSIM ini hanya untuk ponsel iPhone dengan seri iPhone 10 ataupun iPhone 11.

Cara Aktifkan ESIM di Iphone

      Cara untuk mengaktifkan eSIM di iphone sangatlah mudah. Pertama tama anda bisa membuka menu pengaturan pada iPhone. Setelah menu tersebut terbuka anda bisa menggulirnya Lalu memilih seluler. Nantinya ada pilihan pilih Seluler maka anda cukup klik Tambahkan Seluler.

      Nantinya anda akan melihat pemberitahuan untuk scan QR. Maka anda bisa scan kode QR yang ada di kartu eSIM perdana anda.

     Nantinya sembari proses pemindaian selesai maka anda akan melihat keterangan paket seluler yang muncul. Pilih paket seluler  Smartfren untuk ditambahkan ke handphone iPhone milik anda.

     Selanjutnya anda bisa klik Rencana Tambah Seluler. Letaknya ada di bagian bawah. Cukup tunggu proses aktivasi beberapa saat agar jaringannya tersambung ke Smartfren.

      Nantinya apabila proses ini berhasil maka akan ada sinyal Smartfren di bagian pojok kiri atas ponsel iPhone anda.

     Sebelum anda menggunakan kartu eSIM ini nantinya anda dimintai untuk registrasi nomer. Cara untuk meregistrasikan nomer di eSIM hampir sama dengan registrasi nomer konvensional. Pertama anda perlu menyiapkan nik atau nomor induk Kependudukan dan juga nomor KK atau kartu keluarga. Kirim nomer tadi ke 4444.

Keunggulan dan Kelebihan dari ESIM
Keunggulan dan Kelebihan dari ESIM

        Pihak deputi CEO dari Smartfren menuturkan bahwa perangkat iPhone yang ditanamkan layanan eSIM bisa menampung nomor telepon yang berbeda-beda dengan jumlah 14 nomer. Walaupun begitu untuk operator komunikasi di Indonesia yang baru ada hanyalah Smartfren saja. Maksudnya adalah untuk pengguna iPhone yang menggunakan layanan eSIM maka bisa menggunakan 14 nomor yang berbeda dari setiap operator telekomunikasi. Namun hanya satu saja yang bisa aktif. Untuk menambahkan nomor eSIM yang lainnya anda tidak perlu repot karena caranya hampir sama, disana anda juga hanya perlu untuk registrasi dengan menambahkan nik dan juga nomer kk.

Tinggalkan komentar